RSS

Adakah Dia Dihatimu...??

Nama Muhammad dalam bahasa Arab berarti “dia yang terpuji”. Allah memang benar-benar menyiapkan utusanNya. Selain nama yang indah, juga akhlaq mulia agar dijadikan teladan oleh umat-Nya hingga akhir masa.

Rosulullah SAW telah mewariskan dua hal yang harus kita jadikan pegangan dalam hidup ini, yaitu Al-Qur’an dan As Sunnah. Maha suci Allah yang telah menepati janjinya untuk menjaga kebenaran dan kesucian Al-Qur’an hingga akhir jaman seperti yang tercantum dalam surat Al Hijr:9. Bagaimana kiranya dengan sunnah Rosulullah SAW? Allah menjaganya dengan cara unik, sunnah-sunnah Rasul itu tidak hanya terdokumentasi dalam bentuk tulisan, namun juga hidup di dalam perilaku para pengikut risalahnya.

Namun terkadang kecintaan terhadap Rasul yang kita maknai dengan kata meneladani perihidupnya dan mengamalkan sunnahnya menjadi bias dan taqlid terhadap mereka yang menjadi salah satu sumber ilmu kita. Secara tidak sadar, sosok Rosulullah telah kita bungkus dengan sosok inspirator kita. Bukan lagi Rosulullah yang menjadi acuan. Lalu dimana kita “simpan” wajah rosulullah???

Wolfgang van goethe seorang penyair Jerman dalam tulisannya banyak memuja Muhammad, pembawa risalah islam. Malah sebagian pemikir Jerman menganggap Geothe benar-benar masuk islam. Pun dengan Michael H. Hart Menempatkan Muhammad SAW di urutan pertama dalam 100 tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah.

Sementara kita yang telah bersyahadat, mengakui bahwa Muhammad utusan Allah, terseok-seok karena menyaru wajah teladan kita dengan wajah kyai, ustadz/ustadzah, atau mentor yang kita cintai. Allah telah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 31, katakanlah: “jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allahmengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah maha pengampun lagi maha penyayang.

Kyai atau ustadz/ustadzah kita pun menjalani hidup ini dengan sebenar-benar sunnahnya, berdasarkan Al-Qur’an juga Al hadits. Bukan berdasarkan inspiratornya. Mari simak kembali wajah inspirator kita, adakah di sana wajah Rosulullah?? (Shiren/ berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar