RSS

Barakah


Beberapa hari yang lalu, saya memberikan pertanyaan kepada dua kawan seperjuangan. Mengenai apa yang akan membuat mereka bahagia di dua-tiga tahun mendatang. Maksud hati sih, ingin tahu rencena kedepan mereka he,,he,, dan subhanallah ternyata jawabannya cukup beragam.

Ada yang menjawab ingin menjadi manajer di perusahaan x dengan gaji sekian dan fasilitas bla..bla..bla... Yang satunya lagi pengen kuliah di luar negri. pilihannya cuman dua, kalo ngak di Jerman ya di Australia. tapi denger-denger pengen juga ke USA katanya. Saya sendiri, Mhm sesuai dengan motto aja kali ya!! Pengen jadi muslim yang baik, membuat tulisan-tulisan yang menginspirasi dan menjadi pengusaha yang sukses tentunya. Amien.

Namun sejenak mari kita tengok Mbak sekosanku dan Abang becak depan kampus. Sejak dulu kulihat Mbak di kosanku itu selalu saja sibuk dengan lamaran pekerjaan. Padahal setahu saya, beliau sudah bekerja di perusahaan yang ternama dengan gaji yang lebih dari cukup. Tapi kenapa ia masih disibukan dengan lamaran pekerjaan yang lain?? padahal perusahaannya justru jauh lebih kecil. Apa beliau tidak bahagia?? mungkin.

Lain lagi dengan Abang Becak yang suka mangkal di depan kampus. Mhm,, senyumnya selalu mengembang setiap mengantarkan penumpangnya. Saya kira beliau sangat bahagia dengan pekerjaannya.

Mungkin disinilah konsep barakah itu hadir. Kita tidak diperkenankan mengukur orang lain dengan baju kita sendiri. Pada tataran apapun, barakah menghadirkan dunia yang tak tembus oleh kasat mata kita. Barakah telah menghapus ukuran-ukuran dan standar-standar yang kita pakai untuk mendefinisikan apa itu 'bahagia'.

Barakah dalam bahasa A'a Gym adalah kepekaan untuk bersikap benar menghadapi masalah. Barakah, dalam kekata Ibnul Qoyyim adalah, semakin dekatnya kita pada Rabb, semakin akrabnya kita dengan Allah. Barakah dalam umpama Umar ibn Khatthab adalah dua kendaraan yang ia tidak peduli harus menunggang yang mana; shabr dan syukr. Barakah, dalam pujian Sang Nabi adalah keajaiban-keajaiban yang menakjubkan.

0 komentar:

Posting Komentar