RSS

Suatu Pagi Dalam Hidupmu!!!

Pagi adaah bagian waktu-waktu Allah yang terus berputar. Ia juga ungkapan yang sangat lekat dengan makna kesegaran, keceriaan, semangat, dan hidup baru. Begitu banyak makna positif yang memberi warna spirit dan optimisme dalam hidup, yang datang menyertai pagi.

Bertemu pagi adalah sebuah keniscayaan. Tetapi mengambil manfaat dari keistimewaannya adalah sesuatu yang harus diupayakakn. Jalannya hanya satu, bangun lebih pagi. Lalu mengintip apa saja kebaikan –kebaikan yang dapat kita petik dipagi itu.

Karena Suatu Pagi Bisa Merubah Hidupmu

waktu adalah wadah pembentukan. Disanalah garis edar hidup kita, timbuh dan menjadi dewasa, dari lahir hingga kembali kehadirat-Nya. Ibnu Qayyim rahimahumullah berkata, "waktu memiliki tiga makna dan dilandaskan pada tiga derajat. Diantara makna-makna itu adalah saat mampu dan benar, karena melihat cahaya karunia yang ditarik kebersihan harapan, atau karena ada perlindungan yang ditarik kebenaran ketakutan, atau karena kobaran rindu yang ditarik cinta." (Madarijus Salikin)

Karena Kehidupan Pagi Adalah Ciri Orang-Orang Salih

Manusia terbaik di bumi ini adalah mereka yang beriman kepada Allah. Mereka yang mendisiplinkan waktunya, mengatur antara hak dan kewajibannya. Ketika malam tiba, mereka bersegera tidur supaya di penghujung malam bisa terbangun dan bercengkrama dengan keindahan dan kedamaian pagi. Muawwiyah bin Qurrah menirukan nasihat bapaknya ketika mereka sekeluarga telah melaksankan shalat isya, "wahai anak-anakku, tidurlah sekarang. Semoga Allah Menganugrahkan kepada kalian kebaikan malam ini.

Karena Ilmu-Ilmu Allah Turun Pada Waktu Pagi

Disana, dibalik heningnya suasana pagi, ada banyak hikmah yang mendalam. diantaranya: berlimpahnya pahala dari Allah, kesegaran udara subuh yang menyegarkank fisik, konsentrasi pikiran dan daya ingat yang kuat untuk menyambut datangnya hikmah dan ilmu-ilmu Allah SWT.

Kemuliaan pagi serta mudahnya akal menyerap ilmu disaat itu, pernah diingatkan Lukman Al Hakim kepada putranya, "jangan sampai ayam jantan lebih cerdas darimu. ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit. (tafsir al Qurthubi)

Karena Pagi Tidak Berubah, Yang Berubah Adalah Kita

Hingga sekarang mungkin tak terhitung lagi, sudah berapa kali pagi menyambangi kita. suasananya tak pernah beruba, pagi yang dulu tetap pagi yang sekarang, penuh dengan kesejukan dan kesegaran.

Tanpa kita sadari, ternyata pagi telah mengantar kita pada usia sekarang. tidak ada jalan lain memang, bahwa kita harus berani melihat pagi. karena bisa jadi pagi ini adalah pagi terakhir untuk kita, sebelum sempat memperbaiki diri.

Karena Pagi Adalah Sumber Keberkahan

Aisyah ra berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Berpagi-pagilah mencari rezeki, karena sesungguhnya berpagi-pagi itu membawa berkah dan menghasilkan kemenangan."

Referensi: Tarbawi edisi 103/Muharram 1426H

"Pandanglah Hari ini!!
Sebab inilah hidup, hidup yang benar-benar hidup
Dalam jangkanya yang singkat ini
Terletak semua kebenaran
Serta Kenyataan Eksistensimu
Kebahagian Pertumbuhanmu
Kemuliaan perbuatanmu
Kemegahan Karyamu
...Hari ini sungguh ada
Dan membuat kemarin menjadi mimpi bahagia
Dan besok menjadi bayangan yang berpengharapan
Oleh karena itu pandanglah hari ini
Inilah salam kepada fajar

0 komentar:

Posting Komentar